Sabtu, 20 September 2008

7 Kelebihan dan Keuntungan Bisnis Informasi di Internet

Menjual produk informasi - seperti ebook - di internet sangat menguntungkan, apalagi jika dibandingkan dengan bisnis konvensional. Berikut daftar kelebihan dan keuntungan menjual produk informasi di internet:

1. Pangsa pasar produk informasi (ebook) sangat luas dan tertarget.

Luas karena pasarnya adalah pengguna internet di seluruh negeri ini, bahkan di seluruh dunia. Dengan akses internet, siapa saja dapat melihat promosi anda. Para pengguna internet adalah orang-orang yang membutuhkan informasi.

Sekalipun tidak membutuhkan informasi yang sama, tapi semua orang membutuhkan informasi. Anda hanya perlu mencari tahu apa yang diinginkan atau ingin diraih kelompok orang tertentu, lalu anda menjual produk informasi yang mereka butuhkan. Orang pasti mau membayar mahal informasi asalkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pangsa pasar produk informasi/ebook juga tertarget karena orang mencari informasi di internet melalui kata kunci/keyword tertentu. Anda hanya perlu melakukan riset untuk mengetahui kata kunci apa yang biasanya digunakan kelompok orang yang menjadi target pasar anda.

2. Modal yang anda butuhkan relatif kecil, bahkan bisa gratis.

Caranya, belajarlah tentang bisnis produk informasi dari orang yang lebih dahulu terjun dalam model bisnis internet ini. Selain akan menghemat waktu, tenaga dan biaya (daripada anda belajar sendiri), anda juga akan mendapatkan alat-alat atau tool-tool gratis :D.

Adapun untuk inventaris, tidak perlu mahal-mahal. Cukup satu komputer yang terkoneksi internet, pulpen dan buku tulis – serta segelas kopi di atas meja anda :D.

3. Produk informasi berupa ebook sangat mudah diproduksi dan biayanya murah.

Untuk menulis ebook, dengan proses belajar yang terus-menerus dan mempraktekkan tips dan triknya, anda bisa melakukannya dalam 7 hari saja. Sangat cepat.

Produk informasi/ebook juga mudah diperbanyak. Anda hanya perlu menekan tombol copy dan paste, hasilnya akan muncul dalam hitungan detik.

Coba bandingkan dengan menjual buku cetak biasa. Berapa biaya yang anda butuhkan untuk mencetak buku? Jutaan rupiah. Padahal, yang dibutuhkan pembeli adalah informasinya, bukan bukunya!

4. Margin keuntungan produk informasi/ebook hampir 100%.

Kalau anda seorang penulis/pengarang, berapa keuntungan yang anda peroleh dari setiap buku yang anda jual? Sangat kecil. Biasanya hanya 10%.

Kalau buku anda terjual 3.000 eksemplar dan harganya Rp. 40.000 per eksemplar, maka keuntungan yang anda peroleh hanya Rp. 12.000.000 (Rp. 40.000 x 10% x 3.000 eks = Rp. 12.000.000).

Bagaimana dengan menjual produk informasi/ebook di internet? Anda bisa memperoleh keuntungan sekitar 70%; bahkan bisa lebih jika anda menggunakaan promosi gratis yang sangat banyak di internet.

Coba kita hitung:

Rp. 40.000 x 70% x 3.000 eks = Rp. 84.000.000

Mengapa bisa begitu besar?

Ingat anda tidak membutuhkan biaya alat produksi (lihat poin 1 di atas) dan biaya produksi. Tidak ada biaya penggandaan produk. Bahkan anda tidak perlu biaya pengiriman ataupun membayar pegawai. Hampir seluruh omzet penjualan menjadi keuntungan anda.

5. Selain tidak membutuhkan biaya, pengiriman produk informasi/ebook kepada pelanggan juga bisa dilakukan secepat kilat.

Pelanggan anda tidak perlu menunggu berhari-hari. Anda bisa dengan mudah "mengantarkan" ebook kepada pelanggan semudah mereka menekan tombol "download".

6. Waktu operasional cukup singkat.

Anda tidak perlu menunggui pelanggan anda dari pagi hingga sore seperti jika anda membuka toko buku. Anda hanya perlu "bergerak" saat ada pelanggan yang mengirimkan uang ke rekening anda :D. Anda cukup menggunakan waktu beberapa jam, bahkan 1-2 jam per hari, untuk mengurusi bisnis ini.

7. Bisnis anda bisa berjalan secara otomatis – mulai dari pemesanan sampai anda mengirim pesanan.

Inilah salah satu kelebihan bisnis internet. Karena serba otomatis, tugas kerja anda menjadi sedikit dan bisa anda lakukan sendiri. Anda bisa mengendalikan bisnis anda sepenuhnya, tanpa campur tangan dan gangguan dari orang lain.

Anda bisa mengoperasikannya di mana saja dan kapan saja. Yang anda perlukan hanyalah akses internet. Tidak perlu berpenampilan formal jika anda sedang tidak ingin. Tahukah anda, John Reese hanya memakai kaos oblong dan celana pendek saat memecahkan rekor penjualan $1,080,496.37 (ebook) di internet dalam waktu kurang dari 24 jam?

Kalau anda mau anda juga bisa mendelegasikan atau merekrut orang lain utuk mengurusi operasional bisnis ini; dan anda bisa mencari ide-ide baru untuk produk informasi/ebook anda selanjutnya.

Itulah 7 alasan kenapa bisnis produk informasi/ebook di internet bisa sangat menguntungkan. Jika anda merasa anda tertarik, kenapa tidak segera ambil tindakan? Saya juga sedang mempelajari lebih mendalam model bisnis internet ini.

BangDul,

Panduan Membangun Bisnis Informasi di Internet

www.bisnisinformasiinternet.co.cc

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Kursus Online Gratis Membangun Bisnis Informasi di Internet

Ternyata seorang penulis dan pemasar internet bisa menghasilkan Rp. 10 juta per bulan dari bisnis informasi di internet. Dapatkan panduan dasarnya di sini:
Name:
Email Address: