Jumat, 26 September 2008

Belajar Bisnis Informasi Online dari yang Terbaik

Sejak awal-awal mengenal tentang cari uang di internet (sekitar februari 08 lalu), saya sudah tertarik untuk belajar bisnis informasi di internet, tepatnya menjual ebook. Maklum saya tipe orang yang suka berbagi pengetahuan, ilmu.

Sambil belajar sedikit demi sedikit tentang cara cari uang di internet (dan mengalami banyak kesulitan dan frustasi), saya juga mencari-cari sumber informasi yang bisa dijadikan rujukan mengenai menjalankan bisnis informasi di internet.

Akhirnya saya mengetahui bisnis informasi di internet memiliki banyak kelebihan dan keuntungan ("7 Kelebihan dan Keuntungan Bisnis Informasi di Internet") – di samping kemudahan dan keunggulan yang otomatis didapat dalam menjalankan bisnis via internet.

Saya sadar, agar berhasil dalam bisnis apapun, saya perlu belajar dari yang terbaik di bidang tersebut. Tung Desem Waringin, salah satu trainer dan inspirator Indonesia, selalu mengatakan agar bisa jadi yang terbaik belajarlah dari yang terbaik.

Berbekal cara yang saya ketahui, saya melakukan riset untuk mencari tahu sumber terbaik dalam bidang bisnis informasi online. Dan akhirnya saya menemukan 3 situs yang memberikan pembelajaran tentang membangun bisnis informasi di internet. Ketiga situs tersebut adalah carabisnis.com, g-website.com dan onbuk.com (sesuai urutan terbitnya).

Saya meneliti keberadaan 3 situs tersebut dengan perangkat who.domaintools.com, rankwidget.com dan google.co.id. Dan indikator-indikator penelitian yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

1. Tanggal Penerbitan Situs

Asumsi: penilaian kriteria-kriteria lain biasanya sangat dipengaruhi oleh kapan suatu situs diterbitkan. Misalnya, situs yang lebih awal muncul biasanya traffic yang lebih tinggi.

2. Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank

Asumsi: semakin tinggi Google PR dan Alexa Rank suatu situs biasanya semakin berkualitas.

3. Jumlah Halaman Web yang Memuat tentang Situs pada SERP

Asumsi: semakin banyak halaman web yang memuat situs biasanya semakin populer.

4. SEO Score

Asumsi: semakin tinggi SEO score suatu situs biasanya semakin tingkat optimasi mesin oencarinya.

Selanjutnya inilah data-data ketiga situs berdasarkan masing-masing kriteria:

1. Tanggal Penerbitan Situs

Carabisnis.com : 27 Juli 2004

G-website.com : 06 Juni 2006

Onbuk.com : 27 Juli 2007

2. Google Page Rank Alexa Traffic Rank

Carabisnis.com 02 : 658.583

G-website.com 03 : 961.600

Onbuk.com 02 : 3.410.810

3. Halaman Web yang Memuat Nama Situs pada SERP

Carabisnis.com : 6.110

G-website.com : 6.180

Onbuk.com : 18.300

NB:

Saya menemukan sebuah artikel yang menyampaikan keluhan atas layanan carabisnis.com di mediakonsumen.com. Saya juga merasa aneh dan curiga dengan carabisnis.com karena, seingat saya, setiap kali saya membuka situs ini, yang tampil sebagai reseller adalah Enggar.

Padahal, saya tidak membukanya dari satu komputer, melainkan dari komputer yang berbeda-beda. Maklum, saya belum memiliki koneksi internet sendiri; masih numpang di warnet-warnet :D.

4. SEO Score

Carabisnis.com : 86%

G-website.com : 93%

Onbuk.com : 93%

Dari ketiga ketiga situs tersebut sebenarnya tidak ada yang betul-betul memenuhi kriteria ideal saya. Satu situs bisa jadi unggul dalam indikator tertentu, tapi lemah dalam indikator yang lain. Sebaliknya, satu situs bisa jadi lemah dalam satu indikator, tapi unggul dalam indikator lain.

Tapi saya kira saya harus memilih yang terbaik dari yang ada. Semoga saja suatu saat nanti, saya bisa membuat situs pembelajaran bisnis informasi di internet yang memenuhi kriteria ideal saya.

Akhirnya, saya memilih g-website.com. Tapi, keputusan saya memilih situs ini sebagai tempat belajar tidak saja berdasarkan data obyektif keempat indikator di atas. Sedikitnya ada 6 hal lain yang menjadi bahan pertimbangan saya: "6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Mengenai G-website.com".

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga tertarik dengan bisnis informasi online? Jika iya, silahkan pilih yang terbaik menurut anda. Atau, kalau anda menemukan yang lain, silahkan beritahu saya di kolom komentar.


BangDul,

www.bisnisinformasiinternet.co.cc

Panduan Membangun Bisnis Informasi di Internet

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Kursus Online Gratis Membangun Bisnis Informasi di Internet

Ternyata seorang penulis dan pemasar internet bisa menghasilkan Rp. 10 juta per bulan dari bisnis informasi di internet. Dapatkan panduan dasarnya di sini:
Name:
Email Address: